Sebelumnya saya ragu untuk menulis post yang satu ini, nanti dimanfaatkan oleh orang-orang sok programmer yang sebenarnya males coding (termasuk saya sendiri 🙂 ). Artikel ini tidak bermaksud untuk mengajak kalian melakukas cara instant dalam mengerjakan tugas sekolah/kuliah dengan mengopas syntak hasil selancar di google, dan merapikannya di text editor sublime agar tidak keliatan saklu ke-copas-annya, tapi secara tidak langsung saya juga memberikan stimulus hal negatif itu juga sih wkwk.

Selain manfaat negatif di atas, manfaat positif dari Auto Indent adalah merapikan syntax yang berantakan agar rapi. Bayangkan jika syntax berantakan, selain tidak enak dilihat juga ketika terjadi eror dan kita ingin mengubah beberapa struktur dalam syntax tersebut akan merepotkan kita yang katanya sebagai programmer.

Pertama, buka Sublime sobat, jika belum bisa download disini. Setelah itu klik preferences —> key bindings di menu bar Sublime.

Kedua, tambahkan syntax berikut (tidak harus ngetik kok, tinggal copas saja!)

untuk merapikan syntax HTML, CSS, atau lainnya, tekan ctrl + A untuk memblok semua syntax, kemudian tekan alt + shift + X.

selesai. sekarang syntax hasil copas-an kita tidak akan dicurigai selamat mencoba!


5 Comments

Sajojo · February 5, 2018 at 10:34 AM

Untuk bracket ada bung?

    badrus · February 5, 2018 at 11:11 AM

    belum 🙂 coba search di google “auto indent pada bracket”

Fathin · February 24, 2018 at 6:59 PM

Mantap jon

rifki · July 4, 2018 at 8:50 AM

alumni gontor ap alumnus bang ayu sanatin ente???

    badrus · July 14, 2018 at 10:50 PM

    NK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *